• Jumat, 20 Mei 2022

Mengenal Wisata Manggul Joyo, Tempat Plesiran Dekat Wadas

- Jumat, 11 Februari 2022 | 16:28 WIB
Poster warga Wadas tolak penambangan batu andesit (Instagram @Wadas_Melawan)
Poster warga Wadas tolak penambangan batu andesit (Instagram @Wadas_Melawan)

POROS.ID- Konflik Wadas yang rencananya dijadikan Bendungan masih bergulir. Kisruh ini menyedot perhatian publik untuk mengetahui duduk perkara tragedi tersebut. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa dekat Wadas terdapat Taman Wisata Manggul Joyo.


Dilansir Poros.id dari situs Kecamatan Bener pada 11 Februari 2022, Wisata Manggul Joyo Terpadu berada di kawasan lereng Gunung dengan ketinggian 250-700 meter di atas permukaan laut. di lokasi ini terdapat sebuah desa yang mayoritas penduduknya petani/pekebun.

Baca Juga: Ada Penolakan, Konflik Lahan Desa Wadas Disorot Banyak Pihak, hingga Cuitan Mana Ndasmu

Namun bukan hanya petani, desa Cacaban kidul ini juga dikenal dengan produksi tanaman perkebunannya. Sebut saja hasil perkebunan berupa jagung, cengkih, kapulogo, ubi jalar, serta ubi kayu yang dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah ini.

Pada awalnya masyarakat Desa Cacaban kidul membuat rencana besar akan menjadikan Gunung Manggul Joyo sebagai penyangga Borobudur. Dana Desa tahun 2017 sebesar Rp 700 juta digelontorkan seluruhnya untuk Gunung Manggul.

Baca Juga: Bentrok TNI dan Warga Di Sumatera Utara, Ini Penjelasan Kodam I Bukit Barisan

Wilayah Cacaban kidul ini juga disebut sebagai kawasan terintegrasi antara ternak dan petani/pekebun. Pasalnya, di sini pupuk kandang digunakan juga untuk memupuk tanaman perkebunan, dan warna hijauan pakan ternak, serta sebaliknya tanaman warna hijauan dapat digunakan sebagai pakan ternak.

Gunung Manggul juga ada Batu Mangklik yang ada di kaki bukit. Bentuknya mirip sangkar burung menghadap ke persawahan. Batu itu biasa digunakan pengunjung untuk berteduh.

Baca Juga: 3 Pelajaran Hikmah dari Film Tinder Swindler

Untuk mengunjungi lokasi ini tidaklah sulit. Terdapat fasilitas jalan yang bisa dilalui kendaraan roda empat menuju lokasi tersebut. Jaraknya hanya sekitar 25 menit dari pusat kota Kabupaten Purworejo.***

Halaman:

Editor: Achmad Puariesthaufani

Sumber: OFFICIAL KECAMATAN BENER

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X