• Jumat, 20 Mei 2022

Genjot Kunjungan Wisatawan Asing, Pemkab Serang Gelar AKCF 2018

- Minggu, 9 September 2018 | 03:18 WIB

SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang kembali menggelar Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF) di  Expo AKCF yang digelar mulai Jumat 7/9 hingga Minggu 9/9/2018. AKCF yang kedua kalinya digelar ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, AKCF pertama kali digelar pada 2017 dan akan terus berlanjut menjadi agenda rutin setiap tahun. "Untuk AKCF 2018 kami buat berbeda dari tahun sebelumnya. Kami targetkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing," kata Tatu, Minggu, 09/,09/2018.

Pembukaan AKCF dimeriahkan aneka budaya  Banten dengan melibatkan perwakilan seni dari Kota Tanggerang, Cilegon, dan Pandeglang. Bahkan ditampilkan juga reog Ponorogo, Jawa Timur.

"Untuk AKCF 2018, kami undang sejumlah komunitas. Mulai dari komunitas mancing, pencinta burung, hingga para penghobi motor trail yang biasa menjelajah alam. Untuk wisatawan asing, sudah ada dari Kenya yang mendaftar sebagai peserta Fun Run 10K. Semoga makin banyak wisatawan asing yang terlibat," paparnya.

Selain itu, Expo AKCF 2018 ini juga menampilkan pameran produk unggulan Kabupaten Serang, yakni produk-produk UMKM. "Ini juga sebagai ajang promosi bagi usaha mikro kecil menengah atau UMKM Kabupaten Serang. Memasarkan ke masyarakat luas bahwa UMKM Kabupaten Serang juga memiliki produk yang berkualitas," ungkap Tatu.

Tatu menambahkan, rangkaian Expo ini juga diisi dengan berbagai lomba untuk menggali potensi dan seni kreatif masyarakat Serang. Di antaranya lomba masakan kuliner khas Kabupaten Serang, fashion show  batik dan pawai mobil hias. "Saya berharap, kegiatan AKCF  saat ini sudah memasuki tahun kedua, dapat dievaluasi terus sehingga dapat semakin baik pada tahun berikutnya," imbuhnya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengapresiasi AKCF 2018 yang lebih baik dari AKCF 2017. Bahkan setiap tahun, Andika ingin selalu hadir pada rangkaian AKCF. "Sejak AKCF 2017, Pemprov Banten turut membantu. Dan tahun depan, kami akan terus membantu dan mendukung AKCF. Ini tentu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten," ujarnya.

Andika mengatakan, pariwisata adalah potensi teratas dari migas dan industri yang harus dijaga dan dikembangkan serta harus digali, hal itu menurutnya akan menjadi kebanggaan sendiri bagi masyarakat Kabupaten Serang.

"Saya melihat bahwa program AKCF ini harus kita sinergikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dengan program yang sudah ada, bahwa AKCF memiliki wadah ekspo pameran kebergaman di Kabupaten Serang." tukasnya. [Adv]

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X