• Jumat, 2 Desember 2022

Antisipasi Perang, Ukraina Latih Rakyatnya Dasar-Dasar Militer

- Minggu, 13 Februari 2022 | 14:49 WIB
Pelatihan Sipil Ukraina (APN)
Pelatihan Sipil Ukraina (APN)

POROS.ID-  Pemerintah Ukraina, melalui pasukan Ukraina di bawah struktur "pertahanan teritorial" mengadakan pelatihan militer untuk warga sipil sebagai persiapan kemungkinan serangan Rusia di tengah meningkatnya ketegangan antara dua negara bertetangga tersebut.

Tercatat, pelatihan di ibukota Kyiv ini diikuti lebih dari 100 warga sipil, personel militer, dan pasukan cadangan setiap harinya di Ukraina.

Perekrutan massal tentara sukarelawan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Legiun Ukraina yang merupakan sebuah badan pelatihan militer bagi penduduk sipil.

Baca Juga: Mulai Tambah Memanas, Amerika Serikat Kirim 3.000 Tentaranya Ke Perbatasan Ukraina

Pertahanan teritorial Ukraina adalah sistem nasional, militer, dan tindakan khusus yang dilakukan di seluruh negeri pada masa damai untuk mempersiapkan negara menghadapi segala kemungkinan ancaman militer, ditengah ketegangan antara dua negara eks uni soviet tersebut.

Seperti yang dilansir Poros.id dari Anadolu pada Minggu 13 Februari 2022, berdasarkan kebijakan otoritas Ukraina yang mulai berlaku 1 Januari, jumlah permanen Pasukan Pertahanan Teritorial di masa damai akan menjadi 10.000 personel karir, dengan tambahan 120.000 pasukan cadangan sipil untuk direkrut dan dilatih.

Adapun total tentara sukarelawan akan terdiri lebih dari 130.000 orang, termasuk pasukan cadangan, yang terdiri dari berbagai komponen utama formasi sukarelawan termasuk mereka yang bertugas di jajaran Angkatan Bersenjata Ukraina atau di formasi militer dan lembaga penegak hukum lainnya.

Baca Juga: Rakyat Indonesia diminta Waspada Tentara Cina via Tenaga Kerja Asing

Pasukan Pertahanan Teritorial Ukraina dilaporkan akan memiliki lebih dari 20 brigade, satu per wilayah, yang akan menyatukan lebih dari 150 batalyon.

Untuk dapat masuk ke dalam jajaran Tentara Nasional Teritorial, para relawan tersebut harus melalui serangkaian pelatihan antara lain dasar militer, pelatihan medis, dan pertolongan pertama.

Halaman:

Editor: Achmad Puariesthaufani

Sumber: Anadolu Agency

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X