• Sabtu, 3 Desember 2022

Parlemen Sahkan RUU Larangan Penggunaan Akun Anonim Di Media Sosial

- Kamis, 3 Februari 2022 | 19:55 WIB
Hacker Anonymous (https://i3.mirror.co.uk)
Hacker Anonymous (https://i3.mirror.co.uk)

POROS.ID- Parlemen Filipina resmi telah menyetujui undang-undang yang mewajibkan pengguna media sosial untuk mendaftarkan identitas resmi dan nomor telepon mereka saat membuat akun baru,pada Kamis 03 Februari 2022. Berbagai pihak berpendapat bahwa ini merupakan sebuah langkah yang baik untuk menggagalkan penyalahgunaan online dan informasi yang menyesatkan.

Dikutip Poros.id pada Kamis, 03 Februari 2022 dari Reuters, RUU ini nantinya menjadi dorongan untuk memaksa pengguna mengungkapkan detail yang memungkinkan mereka dilacak, di negara yang terkenal dengan trolling online, disinformasi, dan penggunaan akun media sosial anonim.

"Ini adalah kontribusi kecil kami untuk melawan anonimitas yang menyediakan lingkungan bagi troll dan serangan jahat lainnya untuk berkembang di era media sosial," kata Salah seorang Senator yang ikut merumuskan RUU tersebut.

Baca Juga: Omicron Mengganas, Pemerintah Larang Negara-Negara Ini Masuk Ke Indonesia

RUU ini yang disahkan oleh majelis rendah. dan senat tetapi masih membutuhkan persetujuan presiden.

"Ketentuan baru ini akan mencegah siapa pun membuat akun anonim secara online sehingga mereka dapat menyerang siapa pun tanpa henti dan kejam.", kata Senator Franklin Drilon, salah satu anggota Parlemen Filipina.

"Ini adalah kontribusi kecil kami untuk melawan anonimitas yang menyediakan lingkungan bagi penyebar hoax dan konspirasi jahat lainnya yang berkembang di era media sosial," kata Senator Franklin Drilon, salah satu penulis RUU tersebut.

Baca Juga: Mulai Tambah Memanas, Amerika Serikat Kirim 3.000 Tentaranya Ke Perbatasan Ukraina

Meskipun telah disahkan oleh majelis rendah dan senat , namun RUU ini tetap masih membutuhkan persetujuan presiden.

Filipina sendiri memiliki salah satu pengguna ponsel pintar tertinggi di Asia, yaitu 79 juta dari 110 juta penduduknya, dan Filipina menempati peringkat teratas dunia yang paling banyak menghabiskan waktu di media sosial dan internet setiap hari, menurut beberapa penelitian.

Halaman:

Editor: Achmad Puariesthaufani

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X