• Kamis, 2 Desember 2021

DPR Sebut Gaji Kades Rp3 Juta Tidak Menggambarkan Keadilan, Tapi Peminat Calkades di Banten Tinggi

- Kamis, 30 September 2021 | 23:09 WIB
 Anggota Komisi V DPR RI Sudewo meminta kepada Kemendes PDTT agar menaikan penghasilan tetap (siltaf) kepala desa dari Rp3 juta menjadi Rp4 juta. (Youtube DN Channel )
Anggota Komisi V DPR RI Sudewo meminta kepada Kemendes PDTT agar menaikan penghasilan tetap (siltaf) kepala desa dari Rp3 juta menjadi Rp4 juta. (Youtube DN Channel )

POROS.ID - Anggota Komisi V DPR RI Sudewo meminta kepada kementerian Desa (Kemendes) PDTT agar gaji kepala desa dinaikan. Karena menurutnya, gaji Rp3 juta bagi kepala desa tidak menggambarkan kedilan.

Hal itu disampaikan Sudewo pada kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI dengan eselon I Kemendes PDTT dua September 2021 lalu.

Dilansir Poros.id dari kanal YouTube DN Channel yang diunggah 2 September 2021, Sudewo meminta kepada Kemendes PDTT agar menaikan penghasilan tetap (siltaf) kepala desa dari Rp3 juta menjadi Rp4 juta.

"Ini tidak menggambarkan keadilan, masa kepala desa yang bebannya sangat besar hanya digaji tiga juta, sekretaris desa itu Rp2 juta. Selisihnya hanya satu juta," kata legislator Fraksi Gerindra itu.

Baca Juga: Rakyat Dilema Hadapi Pilkades di Tengah Pandemi, Saran dari Aktivis Ini Wajib Dicermati Pemda Lebak

Ia memaparkan, dengan gaji yang hanya Rp3 juta, tidak sepadan dengan beban yang diemban oleh kepala desa.

"Kepala desa itu konsolidasinya luar biasa, ketemu masyarakat, ini itu, luar biasa kegiatannya, paling tidak ditambah lah menjadi Rp4 juta," tandasnya.

Namun demikian, minat masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa pada Pilkades serentak 2021 ini cukup tinggi. Bahkan di salah satu desa di Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang, yakni di Desa Palurahan tercatat ada belasan warga yang mendaftar.

Berdasarkan data yang dihimpun Poros.id dari berbagai sumber, minat masyarakat untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa di tiga kabupaten di Banten cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X