• Sabtu, 2 Juli 2022

Diduga Kampanyekan Anak Bupati di Kantor Desa, ASN dan Kades di Pandeglang Bebas Pidana Pemilu

- Sabtu, 23 Februari 2019 | 19:28 WIB

PANDEGLANG - Komisioner Bawaslu Kabupaten Pandeglang, Fauzi Ilham mengatakan, dugaan keberpihakan Kades Kadumaneuh dan sejumlah ASN kepada Caleg DPR RI asal Partai Nasdem, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah, penanganannya dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan.

Meski dugaan pelanggaran pemilu ASN dan Kades itu dilakukan di kantor desa, (foto bersama dengan pose pegang kalender Caleg Rizka), namun menurut Fauzi, Panwascam tidak menemukan adanya pelanggaran tindak pidana Pemilu dalam kasus tersebut. 

Adapun sanksi yang diberikan, kata Fauzi, atas arahan Bawaslu, Panwascam Banjar melayangkan surat rekomendasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pandeglang, agar yang bersangkutan diberikan peneguran.

"Berkaitan dengan pidana pemilunya, karena dari pembuktian yang ditemukan Panwascam kurang kuat, sehingga rekomendasinya itu (surat rekomendasi ke DPMD dan BKD)," katanya melalui telepon seluler, Jumat 22/2 kemarin.

Fauzi menjelaskan, dalam penanganan kasus tersebut, Panwascam Banjar mengacu pada Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) nomor 7 tahun 2018 terkait temuan pelanggaran.

Baca Juga: https://poros.id/4104/asn-kades-hingga-ketua-pps-diduga-berpihak-pada-caleg-anak-bupati-irna.html

"Kalau itu memenuhi syarat formil bisa saja (pidana pemilu), tetapi kan dari hasil temuan ini, teman-teman Panwascam tidak cukup kuat ke arah sana (Pidana pemilu), sehingga Panwascam konsultasi ke kita, ya sudah sanksinya itu, peneguran." tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN), kepala desa hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa Kadumaneuh, Kecamatan Banjar diduga berpihak kepada salah satu peserta Pemilu, yakni kepada calon anggota DPR RI asal Nasdem, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah.

Dalam sebuah foto yang sempat tersebar di media sosial, terlihat Kepala Desa Kadumaneuh Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang Apud Mahfudin, beberapa orang ASN dan sejumlah TKK-TKS berpose sambil memegang kalender berisi foto dan nomor urut caleg Rizka. Hal itu dilakukan di Kantor Desa Kadumaneuh 30 Januari 2019 lalu. 

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

X