• Sabtu, 2 Juli 2022

Budi Haryadi, Dorong Perusahaan Industri Serap Tenaga Kerja Lokal di Kabupaten Serang

- Sabtu, 19 Januari 2019 | 14:38 WIB

SERANG - Anggota DPRD Kabupaten Serang asal partai Golkar Budi Haryadi, yang saat ini mencalonkan diri kembali di Dapil yang sama, yakni Dapil II Kecamatan Kragilan, Kibin, Cikande, Kopo dan Jawilan, mengaku bahwa masih ada pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan di periode pertama.

PR tersebut, kata Budi, yakni persoalan masih banyaknya pengangguran di Kabupaten Serang. Salah satu faktor penyebabnya, jelas Budi, karena dalam rekrutmen karyawan, perusahaan-perusahaan di Kabupaten Serang, terkhusus di wilayah Serang Timur, masih belum memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Serang Timur itu banyak sekali industri, seharusnya dapat menyerap tenaga kerja begitu banyak, tetapi faktanya tidak seperti itu, perusahaan bermain sendiri dalam melakukan penyerapan tenaga kerja, informasi seolah dibatasi. Padahal, perusahaan penting sekali menyerap tenaga kerja dari putra daerah," papar Budi ditemui wartawan di Serang, Sabtu 19/01/2019.

Untuk itu, Budi berjanji, jika diberikan amanah oleh masyarakat di periode ke dua, pengentasan pengangguran akan menjadi skala prioritas untuk didorong. Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait tenaga kerja itu, kata Budi, saat ini tengah dibahas dan masih digodok oleh panitia khusus (Pansus) DPRD.

"Ke depan, dalam penyerapan tenaga kerja ini, agar perusahaan betul-betul bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serang, karena faktanya masyarakat kita ini banyak sekali yang masih nganggur," tandasnya.

Meski demikian, Budi pun mengingatkan kepada masyarakat untuk dapat menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada dirinya masing-masing, sehingga tidak melulu menggantungkan harapan untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan industri.

"Allah sudah memberikan kelebihan dan keterampilan masing-masing, jadi jangan juga terlalu mengharapkan bekerja di perusahaan-peruaahaan industri, tetapi gali potensi diri kita sehingga dapat menjadi pencipta lapangan kerja. Kalau kita mau berusaha, Insya Allah rizki akan selalu ada," ujarnya.

Apresiasi Pembangunan Infrastruktur Jalan

-

Budi Haryadi bersama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah

Selain persoalan tenaga kerja, lanjut Budi, tidak ada persoalan yang krusial di Kabupaten Serang. Infrastruktur, pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Serang menurutnya sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa terjadi, karena kata Budi, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah sangat fokus dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Serang.

"Bupati kita dahsyat luar biasa, kepeduliannya luar biasa, pendidikan kesehatan, infrastruktur dan yang lainnya berjalan dengan baik. Mungkin kekurangannya terkait masalah tenaga kerja itu, dan Insya Allah itu pun Pemda akan betul-betul fokus," katanya.

Terlebih pada pembangunan infrastruktur jalan, kata Budi, Pemkab Serang memiliki program betonisasi untuk seluruh jalan yang ada di Kabupaten Serang. Dengan peningkatan infrastruktur ini, maka menurutnya, akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Di dalam RPJMD, dan juga di dalam Perda percepatan infrastruktur 2021 jalan Kabupaten Serang semua akan di beton, dan sekarang sudah berjalan dengan baik." tukasnya [Yayat/Red]

Editor: Administrator

Terkini

X