• Rabu, 27 Oktober 2021

Empat Hal Ini Jadi Penyebab Rumah Kita Sering Dikunjungi Malaikat, Nomor 1 Paling Mudah Dilakukan

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 00:35 WIB
Ilustrasi rumah islami yang nyaman dijadikan tempat tinggal (FB Rumah Islami)
Ilustrasi rumah islami yang nyaman dijadikan tempat tinggal (FB Rumah Islami)
 
POROS.ID - Rumah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena rumah merupakan tempat tinggal, tempat berlindung serta tempat menghabiskan waktu bersama keluarga.
 
Sebagian besar aktivitas manusia dalam kehidupannya dihabiskan di rumah, dari mulai makan, tidur, mandi, belajar, ibadah dan lain sebagainya.
 
Yang tak kalah penting, rumah adalah tempat mendidik serta membesarkan anak-anak. Dengan itu, setiap muslim tentu akan mendambakan rumahnya mendapat limpahan keberkahan dari Allah SWT.
 
Hal itu didambakan, karena rumah yang dilimpahi keberkahan akan membawa suasana ketenangan, kedamaian, dan kesejukan.
 
 
Dalam Islam, diyakini bahwa rumah yang diberkahi adalah rumah yang selalu didatangi malaikat dan dijauhi setan.
 
Hal ini ternyata bergantung pada para penghuninya. Jika rumah digunakan hal-hal yang baik, maka akan sering didatangi oleh malaikat.
 
Namun sebaliknya, apabila rumah dijadikan tempat aktivitas negatif, seperti bermaksiat, maka akan sering didatangi oleh setan.
 
Menurut para ulama, malaikat mendatangi rumah seseorang untuk memberikan rezeki, rahmat, memohonkan doa dan ampunan serta memberikan cahaya kebenaran kepada pengisi rumah tersebut.
 
 
Berikut empat hal yang menjadi wasilah rumah seorang muslim kerap dikunjungi malaikat:
 
1. Rumah yang digunakan untuk berzikir
 
Keluarga yang selalu berzikir, akan mengundang malaikat untuk turun dan bersinggah ke rumahnya. 
 
Hal itu Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut.
 
"' Tidaklah sekelompok orang yang berdzikir mengingat Allah SWT kecuali malaikat mengelilinginya, mereka diliputi Rahmat Allah, turun ketenangan kepada mereka, dan mereka dibanggakan Allah di hadapan para malaikat yang ada disisi-nya." (HR at-Tirmidzi).
 
 
2. Rumah yang kerap dibacakan ayat-ayat suci Alqur'an
 
Selain dapat menenangkan hati, membaca suci Alquran juga menjadi pengundang hadirnya malaikat ke rumah kita. Sebagaimana hadits Nabis SAW yang artinya:
 
"Tidaklah suatu kaum berkumpul disalah satu rumah Allah membaca kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikelilingi malaikat, dan Allah akan menyebut-nyebut mereka disisi mahluk yang dimuliakan disisinya. "(HR, Muslim).
 
3. Rumah yang pemiliknya selalu menjaga salat.
 
Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Nabi SAW dari Abu Hurairah, para malaikat silih berganti bertugas mengiringi manusia di waktu malam dan siang hari. 
 
Setiap hari mereka (malaikat) melaporkan keadaan manusia kepada Allah 'Azza wa Jalla, maka beruntunglah orang yang selalu menjaga kedua waktu tersebut. Kedua waktu itu adalah waktu salat ashar dan salat subuh
 
4. Rumah yang digunakan untuk bersedekah.
 
Malaikat akan turun di pagi hari saat seseorang menginfakkan sejumlah hartanya. ia akan memberikan do'a baik kepada yang dermawan dan memberi do'a kurang baik kepada yang kikir. 
 
"Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah, kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantara keduanya berdo'a ' ya Allah , berilah ganti bagi orang yang berinfaq',  sedangkan yang satunya lagi berdo'a 'ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya."(HR.Bukhari dan Muslim)***

Editor: Rahmat Hidayat

Sumber: YouTube Cahaya islam

Tags

Terkini

PTM Sudah Berjalan Sepekan, Wagub Banten Lapor ke Wapres

Senin, 20 September 2021 | 00:28 WIB
X