• Kamis, 2 Desember 2021

Banten Tambah 1 Emas di PON XX dari Cabor Ini, Pemuda 18 Tahun Ini Kalahkan Angkatan Juara Olimpiade

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 21:16 WIB
Lifter Banten juara dunia junior Rizki Juniansyah sabet medali emas dari Cabor angkat besi (Tim Poros)
Lifter Banten juara dunia junior Rizki Juniansyah sabet medali emas dari Cabor angkat besi (Tim Poros)

POROS.ID - Lifter Banten juara dunia junior Rizki Juniansyah menunjukkan superioritas di kelas 73 kg cabor angkat besi pada PON XX Papua tahun 2021.

Pria berusia 18 tahun itu tidak hanya meraih medali emas, namun angkatan yang diraihnya juga mengalahkan lifter juara ketiga Olimpiade Tokyo 2020 Rahmat Erwin Abdulah yang tampil di kelas 81 kg.

Penampilan Rizki di Auditorium Universitas Cenderawasih, Kota Jayapura, Kamis 7 Oktober 2021 cukup membuat penonton PON XX Papua yang hadir terkesima.

Dalam pertandingan ini Rizki unggul jauh atas dua lawannya, Edi Kurniawan asal Kalimantan Timur dan Misbahul Munir asal Papua.

Baca Juga: Si Cantik dari Papua Sabet Medali Emas di PON XX Tanpa Dukungan Pacar, Putus 2 Minggu Sebelum Bertanding

Rizki berhasil mengangkat angkatan snacth 152 kg sedangkan untuk clean and jerk 191 kg. Total angkatan yang diraih 343 kg.

Catatan angkatan pemegang rekor dunia angkat besi remaja dan junior ini selisih 25 kg dengan Edi Kurniawan di snatch dan 34 kg di angkatan clean and jerk. 

Edi hanya mampu mengangkat angkatan snacth 127 kg serta clean and jerk 157 kg sehingga total angkatan Edi adalah 284 kg. Sementara Misbahul Munir yang hanya mampu mengankat 128 kg di nomor snacth dan 155 kg di nomor clean and jerk.

Pada kelas 73 kg yang hanya diikuti 3 kontestan membuat Rizki dan Edi yang berhak atas medali emas dan perak. Sementara Misbahul tidak berhak mendapat perunggu.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Terkini

X