• Jumat, 21 Januari 2022

Geger Lagi Virus Corona Omicron 5 Kali Lebih Menular dari Covid-19 Biasa, Ini Penjelasan Kemenkes RI

- Selasa, 30 November 2021 | 16:46 WIB
Dunia saat ini geger lagi dengan Virus Corona Omicron yang disebut 5 kali lebih menular dari Covid-19 biasa, apa Penjelasan Kemenkes RI? (Pixabay - PixxlTeufel - Pikiran Rakyat)
Dunia saat ini geger lagi dengan Virus Corona Omicron yang disebut 5 kali lebih menular dari Covid-19 biasa, apa Penjelasan Kemenkes RI? (Pixabay - PixxlTeufel - Pikiran Rakyat)

POROS.ID - Saat ini dunia tengah geger dengan munculnya varian baru Covid-19 jenis Omicron (B 1.1.529) atau Virus Corona Omicron yang ditemukan di Afrika Selatan. Bagaimana tanggapan Kemenkes RI?

Yang membuat dunia geger dan cemas adalah karena varian baru Covid-19 bernama Virus Corona Omicron tersebut diyakini oleh para ahli akan lebih menular.

Bahkan Virus Corona Omicrom disebut sebut 5 kali lebih menular daripada virus corona asli, ditemukan pertama kali di Wuhan, China 2019 lalu.

Baca Juga: Fenomena Tanah Bergerak Terjadi di Wilayah Bekas Tambang Emas PT. Antam, Sejumlah Rumah Rusak, Jalan Amblas

Beruntung, hingga saat ini pihak Kemenkes RI masih mengklaim bahwa Virus Corona Omicron yang disebut sebut 5 kali lebih menular itu belum masuk ke Indonesia.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan, virus Omicron ini menurutnya berkaitan erat dengan infeksi human immunodeficiency virus (HIV).

"Kasus terjadinya varian baru ini didapatkan pada orang dengan status HIV yang belum mendapatkan vaksinasi dan juga yang sudah mendapatkan vaksinasi," katanya dalam webinar Hari AIDS Sedunia, Senin 29 November 2021 dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pengumuman Resmi Hasil Seleksi Administrasi Pendamping Lokal Desa PLD 2021 di rekrutmenpld.kemendesa.go.id

Informasi itu, lanjut dr Siti Nadia Tarmidzi, ia dapatkan langsung dari organisasi kesehatan desa atau WHO.

"Dari briefing yang disampaikan oleh WHO kemungkinan besar varian ini muncul dikarenakan kita tahu Afrika Selatan itu sebagian besar adalah orang dengan HIV," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Jumlah Pasien Wisma Atlet Per 10 Januari 2022

Senin, 10 Januari 2022 | 13:45 WIB
X