• Rabu, 27 Oktober 2021

1.500 H Tanah Warga Inhu Belum Dikembalikan, Puluhan Tahun Dikuasai PT. Palma hingga Dipertahankan Bupati

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 13:40 WIB
PBH Lidik Krimsus menemukan fakta adanya keterlibatan Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, periode lalu, Yopi Arianto. (Ist.)
PBH Lidik Krimsus menemukan fakta adanya keterlibatan Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, periode lalu, Yopi Arianto. (Ist.)

POROS.ID - Pusat Bantuan Hukum (PBH) Lembaga Investigasi Data Korupsi dan Kriminal Khusus Republik indonesia (Lidik Krimsus RI) melakukan investigasi sengketa lahan tanah antara warga dengan PT. Duta Palma Gurup.

Dari hasil investigasi itu, PBH Lidik menemukan fakta adanya keterlibatan Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Riau, periode lalu, Yopi Arianto.

Sekjen PBH Lidik, Elim Makalmai menerangkan, sudah sekitar 20 tahun PT Palma Grup menguasai lahan tanah milik warga seluas 1.500 hektare. Tanah tersebut berada di 5 desa di Kecamatan Batang Gangsal, Kabupaten Inhu.

Cerita singkatnya, lanjut Elim, sekitar 20 tahun kalau, pengusaha PT Palma ini merayu masyarakat untuk membeli tanahnya. Namun belum juga dilakukan pembayaran, tanah sudah dipagar dan dieksploitasi untuk perkebunan kelapa sawit.

Terkait keterlibatan Bupati Inhu periode lalu, Yopi Arianto, lanjut Elim. Diketahui bahwa pada Agustus 2017 lalu, PT. Palma secara tertulis sudah mengembalikan tanah seluas 1.500 hektare kepada warga.

Dalam surat itu, PT. Palma menyerahkan tanah kepada Bupati atau Pemkab Inhu. Selanjutnya Bupati Inhu diminta mengembalikan ke masyarakat. Namun sudah tiga tahun lebih masih dipertahankan tak kunjung diserahkan.

"Hingga hari ini tak kunjung diserahkan ke masyarakat. Harapan warga kepada bupati agar segera menyerahkan tanah warga yang selama ini dikuasai pemerintah, karena warga sangat mengharapkannya," ujarnya Minggu 10 Oktober 2021.

Ia menambahkan, sebelum melakukan langkah lebih jauh, pihaknya akan melakukan audiensi dengan pihak-pihak terkait, dari mulai PT Palma, bupati, Perhutani dan Badan Pertanahan Nasional.***

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mendes Rekomendasikan BUMDes Ini Jadi Percontohan

Sabtu, 25 September 2021 | 12:34 WIB
X