• Minggu, 7 Agustus 2022

Hati-hati! Ini Sanksi Pidana Bagi yang Masuk Pekarangan Orang Tanpa Izin: Penjara dan Denda

- Jumat, 20 Mei 2022 | 20:18 WIB
Ilustrasi. Masuk pekarangan orang lain tanpa izin atau masuk ke rumah orang lain tanpa izin bisa dikenakan sanksi pidana dan denda (Pixabay )
Ilustrasi. Masuk pekarangan orang lain tanpa izin atau masuk ke rumah orang lain tanpa izin bisa dikenakan sanksi pidana dan denda (Pixabay )

POROS.ID - Hati hati, hal yang dianggap sepele ini jika dilakukan tanpa izin bisa kena sanksi pidana berupa kurungan penjara dan denda

Apa hal sepele dimaksud? Adalah masuk pekarangan rumah orang lain tanpa izin.

Masuk pekarangan orang lain tanpa izin atau masuk ke rumah orang lain tanpa izin bisa dikenakan sanksi pidana dan denda

Baca Juga: Bikin Sedih! Gadis Kecil Cantik Bernama Aqilla, Kunjungi Makam Mendiang Ibunya, Curhat di Makam

Hal itu sebagaimana tersirat dalam Pasal 167 ayat 1 Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP)

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa sanksi pidana pelaku yang masuk ke pekarangan tertutup atau rumah orang tanpa izin, dapat diancam dengan pidana penjara paling lama sembilan bulan atau denda paling banyak Rp.4.500.

 “Barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum atau berada di situ dengan melawan hukum, dan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lima sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah," demikian bunyi Pasal 167 ayat 1 KUHP ***

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X