• Jumat, 20 Mei 2022

Diduga Atur Pemenang Lelang dan Memalsukan Progres Pekerjaan Proyek Rp125 M, AW Akhirnya Ditahan KPK

- Jumat, 14 Januari 2022 | 11:44 WIB
Kasus yang dilakukan AW, selain mengatur pemenang lelang, juga diduga memalsukan progres proyek pembangunan gedung kampus (Tangkap layar kanal YouTube KPK)
Kasus yang dilakukan AW, selain mengatur pemenang lelang, juga diduga memalsukan progres proyek pembangunan gedung kampus (Tangkap layar kanal YouTube KPK)

POROS.ID - AW akhirnya ditahan KPK. Ia adalah selaku Kepala Divisi I PT WK tahun 2008 sampai dengan 2012. AW sendiri telah ditetapkan tersangka oleh KPK sejak tahun 2018.

Kasus yang dilakukan AW, selain mengatur pemenang lelang, juga diduga memalsukan progres pekerjaan proyek pembangunan gedung kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kabupaten Gowa – Sulawesi Selatan.

Pembangunan gedung IPDN dengan nilai kontrak Rp125 miliar itu didanai APBN 2011 melalui Kementerian Dalam Negeri. Pada proyek itu, AW diduga memalsukan progres proyek.

Baca Juga: Komnas HAM Keberatan Herry Wirawan Sang Predator seks Dituntut Hukuman Mati dan Kebiri

Dikutip dari kanal YouTube KPK yang diunggah Selasa 11 Januari 2022, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, menerangkan bahwa sebelumnya KPK juga telah menetapkan beberapa orang sebagai tersangka diantaranya DJ selaku Pejabat Pembuat Komitmen Pusat Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Aset Sekretariat Jenderal Kemendagri (AKPA) dan DP selaku Kepala Divisi Konstruksi VI PT AK (Adhi Karya) Persero Tbk.

Perkara ini lanjut Nurul Ghufron bermula dari perencanaan 4 paket pekerjaan pembangunan gedung Kampus IPDN oleh Kemendagri, diantaranya yaitu gedung Kampus IPDN Gowa dengan nilai kontrak sebesar Rp125 Miliar.

"Tersangka AW diduga melakukan pengaturan calon pemenang lelang dalam proyek tersebut", terang Ghufron

Baca Juga: Login pip.kemdikbud.go.id, Kapan PIP 2022 Cair? Cek Daftar Penerima Sekarang, SD, SMP, SMA dan SMK

AW diduga meminta kontraktor lain mengajukan penawaran di atas nilai proyek PT WK dan menyusun dokumen kontraktor lain sedemikian rupa sehingga tidak memenuhi persyaratan dan nantinya mempermudah PT WK untuk dimenangkan dalam proyek tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X