• Jumat, 20 Mei 2022

Komnas HAM Keberatan Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati dan Kebiri

- Jumat, 14 Januari 2022 | 09:02 WIB
Hery Wirawan (IST.)
Hery Wirawan (IST.)

POROS.ID, - Herry Wirawan, dikabarkan dituntut hukuman mati dan kebiri oleh jaksa.

Tuntutan hukuman mati kepada Herry Wirawan dikarenakan kejahatan yang dilakukannya dinilai sebagai kejahatan yang sangat serius.

Namun Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menentang jika Herry Wirawan hingga dihukum mati.

Selain itu Komnas HAM pun menolak jika Herry Wirawan dihukum kebiri kimia.

Dilansir dari PIKIRAN RAKYAT, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara pada Kamis, 13 Januari 2022 mengatakan pihaknya menegaskan penolakan atas tuntutan hukuman mati kepada terdakwa Herry Wirawan tersebut, bukan untuk melindungi pelaku.

Komnas HAM, nyatakan sangat setuju apabila Herry Wirawan, pelaku pemerkosa 13 anak didiknya di Jawa Barat itu diberi hukuman berat, namun tidak harus dengan hukuman mati.

"Komnas HAM setuju pelaku dihukum berat, tetapi bukan berati harus hukuman mati," tutur Beka Ulung Hapsara, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Beka mengungkapkan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pemerintah bisa saja memberikan hukuman berat bagi Herry Wirawan dengan menjatuhinya penjara seumur hidup.

Lebih lanjut, ia pun menegaskan bahwa Komnas HAM dalam hal ini mengecam keras perbuatan keji yang dilakukan oleh Herry Wirawan terhadap belasan anak didiknya hingga hamil dan melahirkan tersebut.

Halaman:

Editor: Uce Saepudin

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X