• Rabu, 27 Oktober 2021

Puluhan Juta Raib Gegara Ingin Jadi PNS Lewat Jalur Belakang di Lebak, Penipuan Apa Suap?

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 16:23 WIB
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (Tangkap layar web BKN)
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil (Tangkap layar web BKN)

POROS.ID - Nasib apes menimpa 10 orang warga Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Bagaimana tidak, ditengah sulitnya ekonomi akibat terdampak pandemi, puluhan juta uang mereka raib digondol oknum.

Kesepuluh orang itu, tujuh orang merupakan warga Kecamatan Malingping dan tiga orang warga Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak, Banten.

Kejadian bermula saat para korban ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lewat jalur belakang melalui seorang oknum berinisial H (51) warga swasta asal Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak.

Baca Juga: Marak Pemerasan dengan Modus Surat Penyelidikan KPK, Pejabat Wajib Kenali Ciri-ciri Palsunya Ini

Beberapa bulan kemudian para korban menyadari bahwa ternyata mereka telah ditipu mentah-mentah oleh pelaku.

Modus operandinya, pelaku H mengklaim memiliki kedekatan dengan salah seorang pejabat Pemprov Banten. Kepada para korban, dia juga meyakinkan bahwa dirinya bisa memasukan mereka menjadi PNS di Samsat Malingping, RSUD Malingping dan Dinas PUPR Lebak.

Tak tanggung-tanggung, pelaku memintai uang muka kepada para korban dari mulai Rp5 juta hingga Rp17 juta. Hal itu terjadi pada sekitar bulan Mei 2021 lalu, namun sampai saat ini tidak ada kejelasan dari pelaku.

Tingginya Peminat PNS Jadi Peluang Oknum

Melihat rekrutmen pada tahun 2021 ini, sebagian banyak pendaftar, terutama kalangan anak muda cukup banyak yang berminat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi dua jenis, yaitu PNS yang selama ini dikenal dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X