• Jumat, 21 Januari 2022

Aziz Syamsuddin Ditahan KPK, Wakil Ketua DPR Bidang Hukum Jadi Tersangka Kasus Korupsi

- Sabtu, 25 September 2021 | 02:22 WIB
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin Ditahan selama 20 hari ke depan (KPK)
Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin Ditahan selama 20 hari ke depan (KPK)
 
POROS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi berupa pemberian hadiah atau janji atau suap pada pengurusan DAK Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017.
 
Wakil Ketua DPR RI yang membidangi hukum itu, disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau Pasal 5 ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.  
 
"Setelah melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang saksi dan dikuatkan dengan alat bukti, maka penyidik melakukan penahan selama 20 hari pertama kepada tersangka Az, terhitung mulai dari 24 September 2021 sampai dengan 13 November 2021," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat menggelar konferensi pers di gedung merah putih, Sabtu 25 September 2021 dinihari.
 
Firli menegaskan bahwa pihaknya tidak akan cukup sampai disini dalam menangani kasus tersebut, melainkan akan diusut sampai tuntas. Jika ada lagi pihak lain yang cukup bukti, pasti akan ditersangkakan.
 
"KPK tidak akan berhenti melakukan penyidikan dan penyelidikan. Karena kami mendengar  keinginan masyarakat. Bahwa KPK harus menuntaskan semua kasus korupsi," ujarnya.
 
Untuk diketahui, Aziz Syamsuddin merupakan Wakil Ketua DPR Fraksi Golkar Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam), sebagai bidang yang strategis di DPR RI membidangi ruang lingkup terkait Pertahanan, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika, Intelijen, Dalam Negeri, Sekertariat Negara, Pemilu, Hukum, HAM, dan Keamanan.***
 
 

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kalporestabes Medan Bantah Suap Pengedar Narkoba

Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:18 WIB
X