• Minggu, 29 Januari 2023

Prinsip Pemilihan dan Pengembangan Media dan Sumber Belajar

- Selasa, 17 Januari 2023 | 10:34 WIB
Para penulis artikel  (Ist.)
Para penulis artikel (Ist.)

 

Prinsip Pemilihan dan Pengembangan Media dan Sumber Belajar

Penulis: Agus Wildan, Rahmat Mulyadi, Saadatun Nupus, Lukman Nulhakim


POROS.ID - Pendidikan dalam teknologi saat ini merupakan jalan keluar dalam memudahkan proses pembelajaran. Guru memotivasi para siswa untuk melakukan action yang riil. Tidak serta merta menggunakan by design, tetapi seorang guru bisa memanfaatkannya by utility, maksudnya tidak belajar di dalam kelas saja, tetapi juga misalnya siswa diajak terjun langsung ke pasar tradisional dan pasar modern yang dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Dalam menunjang suatu kegiatan proses pembelajaran dibutuhkan perangkat vital yang harus ada, seperti rencana pembelajaran yang matang, terpenting sumber belajar, juga media pembelajaran.

Situasi dan kondisi seperti ini, memaksaan diri bagi guru berinovasi dan mencoba untuk menyelesaikan masalah yang ada di dalam lingkungan sekitarnya.

Di dalam proses pembelajaran, tidak semudah apa yang sudah dikonsepkan dan direncanakan sebelumnya. Kendala dan rintangan tentunya ada, apalagi di masa new normal sekarang ini, diantaranya, beberapa guru belum maksimal dalam memanfaatkan sumber-sumber belajar.

Kemudian juga, siswa haus akan literasi dan kurang melek akan adanya media pembelajaran. Bersumber dari permasalahan yang telah dipaparkan, maka peneliti terketuk untuk mengkaji studi literatur tentang prinsip media pembelajaran dan sumber belajar.

Dalam meneliti, desain penelitian kualitatif deskriptif cukuplah mudah untuk mengetahui masalahnya. Metode kualitatif merupakan cara bagaimana mengumpulkan data bukan berupa angka-angka, data tersebut berasal dari hasil dokumen resmi, maupun dokumen lainnya.

Metode ini menekankan kepada pengamatan fenomena dan substansinya lebih ke makna pengamatan tersebut. Bahwa fokus penelitian ini ada pada prosesnya dan juga pemaknaan dari hasilnya. Metode penelitian digunakan untuk memperoleh data yang sesuai dengan cara yang ilmiah.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Terkini

X