• Minggu, 29 Januari 2023

Referensi Belajar Siswa, Pidato Bahasa Indonesia Tentang Kerukunan Antar Sesama

- Senin, 9 Januari 2023 | 06:57 WIB
Teks Pidato Tentang Adap Pada Orang Tua (Tangkap Layar/Ruangguru)
Teks Pidato Tentang Adap Pada Orang Tua (Tangkap Layar/Ruangguru)


POROS.ID - Berikut ini adalah contoh teks pidato Bahasa Indonesia dengan tema kerukunan antar sesama.

Pidato Bahasa Indonesia ini juga dilengkapi dengan hadis sehingga dapat dijadikan referensi belajar siswa.

Dengan pidato tentang kerukunan antar sesama ini, diharapkan warga termotivasi untuk semakin menjalin silaturahmi antar tetangga di lingkungannya.

Berikut contoh teks pidato Bahasa Indonesia bertema tentang kerukunan antar sesama:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayatNya kepada kita sehinga kita bisa berkumpul pada siang hari ini. Sholawat serta salam tidak lupa kita curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW.

Kita umat manusia tahu bahwa kita diciptakan sebagai makhluk sosial. Kita selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Kita tidak bisa melakukan segala sesuatu seorang diri, pasti ada campur tagan orang lain, meskipun pertolonga itu hanya sedikit.

Untuk itu, agar segalanya berjalan lancar dan kita bisa saling tolong menolong satu sama lain, kita harus menjaga kerukunan antar sesama. Baik terhadap saudara, tetangga maupun teman. Jangan sampai kita ini terbecah-belah hanya karena hal sepele.

Misalnya, dengan saudara sendiri jangan sampai kita ini memiliki rasa dendam, atau sampai bermusuhan. Karena sudah dijelaskan pada suatu hadis yang artinya: dari Abu Hurairah, dari Nabi. Nabi bersabda bahwa dibuka beberapa pintu surga setiap hari senin dan kamis, maka setiap hamba yang tidak syirik pada Allah akan diampuni, kecuali orang-orang dendam. Maka menunggulah kalian malaikat pada hal ini sehingga keduanya berdamai.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X