• Minggu, 29 Januari 2023

Sampaikan Duka Atas Bencana Gempa Bumi Cianjur, BPIP: Mari Rekatkan Persatuan, Bantu Masyarakat Cianjur!

- Selasa, 22 November 2022 | 12:29 WIB
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Dr. Antonius Benny Susetyo, Pr saat ditemui dalam acara Seminar Pancasila Series 5 di Bali mengungkapkan rasa duka mendalam terhadap masyarakat Cianjur. (BPIP)
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Dr. Antonius Benny Susetyo, Pr saat ditemui dalam acara Seminar Pancasila Series 5 di Bali mengungkapkan rasa duka mendalam terhadap masyarakat Cianjur. (BPIP)


POROS.ID - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) turut prihatin dan berduka atas terjadinya bencana gempa bumi yang melanda daerah Cianjur, Jawa Barat pada Senin 21 November 2022.

Sebagaimana diketahui, Bencana gempa bumi M 5.6SR di Cianjur, Jawa Barat pada Senin kemarin menelan korban jiwa dan menyebabkan kerusakan infrastruktur.

Berdasarkan data call center BPBD Cianjur, jumlah korban meninggal dunia saat ini sebanyak 162 orang. Jumlah tersebut dimungkinkan masih bisa bertambah, hal itu lantaran hingga saat ini proses identifikasi korban belum usai.

Selain korban meninggal duni, 326 warga Cianjur dilaporkan mengalami luka-luka. Infratrusktur seperti gedung DPRD Kabupaten Cianjur, gedung Polres Cianjur, bangunan rumah sakit, 2.345 rumah warga rusak berat, dan sejumlah fasilitas umum lainnya juga mengalami kerusakan berat.

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Dr. Antonius Benny Susetyo, Pr saat ditemui dalam acara Seminar Pancasila Series 5 di Bali mengungkapkan rasa duka mendalam terhadap masyarakat Cianjur.

BPIP berduka cita atas meninggalnya korban akibat bencana gempa bumi. Semoga korban diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan keluarganya ditabahkan”, ungkap Benny.

Benny berharap, solidaritas kemanusiaan dan kebersamaan yang selama ini menjadi bagian dari cara berpikir dan bertindak masyarakat Indonesia dapat menggerakan aksi bersama untuk sigap membantu korban-korban bencana.

“Kita berharap, kita bergotong royong, membangun solidaritas kemanusiaan. Saya yakin peristiwa ini akan membawa kita bersama untuk terus menerus membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana. Semoga ini menjadi momentum kita untuk mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil serta membawa kita pada kesadaran bersama bahwa saudara-saudara kita yang mengalami bencana adalah bagian keluarga besar Bangsa Indonesia”, tutur Benny.

Benny juga mengajak masyarakat Cianjur untuk bersabar dalam menjalankan kehidupan sehari-hari pascabencana gempa bumi.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X