• Minggu, 7 Agustus 2022

Air Sungai Cimandiri Keruh Pekat Diduga Akibat Limbah Tambang Pasir PT. Adnis

- Kamis, 16 Juni 2022 | 15:37 WIB
Kondisi air sungai Cimandiri Keruh dan berlumpur (Poros-Riswan DF)
Kondisi air sungai Cimandiri Keruh dan berlumpur (Poros-Riswan DF)

POROS.ID - Kondisi air sungai Cimandiri yang terletak di Desa Situregen Kecamatan Panggarangan Kabupatem Lebak - Banten keruh pekat mengandung material lumpur.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan dari masyarakat sekitar, air sungai Cimandiri yang keruh pekat mengandung material lumpur tersebut diduga berasal dari limbah tambang pasir milik PT Adnis yang terletak di bagian hulu sungai Cimandiri.

Kondisi air sungai Cimandiri  yang keruh pekat mengandung material lumpur tersebut telah menyebabkan perubahan ekosistem sungai.

Baca Juga: Mau Link Video Viral Putri PUBG Twitter No Sensor? Cek disini

Menurut warga, Sebelum ada tambang pasir tersebut, kondisi sungai Cimandiri jernih dan tidak dangkal. Banyak ikan yang hidup di sungai tersebut.

Selain itu, akibat pendangkalan sungai Cimandiri dapat mengakibatkan meluapnya aliran air ketika debit air tinggi. Hal ini berpotensi terjadinya banjir ke lahan pertanian dan rumah warga sekitar bantaran sungai Cimandiri.

"Dulu Warga sekitar banyak yang mengambil ikan dengan cara di jala, namun sekarang sudah tidak ada lagi ikan yang hidup di sungai tersebut" Ujar Dede Heriansyah, warga sekitar.

Baca Juga: Rumah Dikepung Polisi, Nikita Mirzani ke Deddy Corbuzier: Tanggung Jawab!

Demi kelestarian ekosistem, Dede meminta agar pemerintah mengambil tindakan tegas dengan cara menutup lokasi tambang tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X