• Jumat, 20 Mei 2022

Catat! Pemerintah Patok Harga Minyak Goreng Rp. 14.000 per Liter, Tidak Boleh Lebih

- Rabu, 19 Januari 2022 | 22:14 WIB
Ilustrasi. Pemerintah Patok Harga Minyak Goreng Rp. 14.000 per Liter. Gak Boleh Lebih (https://www.niaga.asia)
Ilustrasi. Pemerintah Patok Harga Minyak Goreng Rp. 14.000 per Liter. Gak Boleh Lebih (https://www.niaga.asia)

POROS.ID - Atasi tingginya harga minyak goreng, Pemerintah menetapkan kebijakan satu harga minyak goreng, dengan harga Rp. 14 000 per liter.

Melalui kebijakan Pemerintah ini, seluruh minyak goreng, baik kemasan premium maupun kemasan sederhana, akan dijual dengan harga Rp. 14 000 per liter untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyampaikan, melalui kebijakan Pemerintah ini, diharapkan masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau dan di sisi lain produsen tidak dirugikan karena selisih harga akan diganti oleh pemerintah.

Baca Juga: Sembako Telur dan Minyak Goreng Melejit, Disperindag Dipinta Operasi Pasar

Sebagai awal pelaksanaan, penyediaan minyak goreng dengan satu harga Rp. 14 000 per liter akan dilakukan melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), dan untuk pasar tradisional diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian.

Ritel modern akan menyediakan minyak goreng dengan harga Rp. 14 000 per liter yang dimulai pada hari Rabu, 19 Januari 2022, pukul 00.01 waktu setempat.

"Kepada masyarakat diharapkan tidak memborong karena stok minyak goreng dalam jumlah yang sangat cukup," ujar Muhammad Lutfi.

Baca Juga: UPDATE Kasus Pengeroyokan Prajurit TNI AD hingga Tewas di Jakarta Utara, Polisi Sudah Menangkap 7 Pelaku

Kebijakan ini telah disosialisasikan kepada semua produsen minyak goreng dan ritel modern, dan pada prinsipnya baik produsen maupun ritel modern mendukung kebijakan pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng.

"Sampai dengan saat ini, sebanyak 34 produsen minyak goreng telah menyampaikan komitmennya untuk berpartisipasi dalam penyediaan minyak goreng kemasan dengan harga Rp. 14 000 per liter bagi masyarakat", tulis akun twitter @kemendag, Rabu, 19 Januari 2022.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X