• Kamis, 20 Januari 2022

Fenomena Tanah Bergerak Terjadi di Wilayah Bekas Tambang Emas PT. Antam, Sejumlah Rumah Rusak, Jalan Amblas

- Selasa, 30 November 2021 | 15:02 WIB
Akibat bencana tanah bergerak di wilayah bekas tambang emas PT. Antam, sejumlah rumah rusak dan jalan amblas (Tim Poros)
Akibat bencana tanah bergerak di wilayah bekas tambang emas PT. Antam, sejumlah rumah rusak dan jalan amblas (Tim Poros)

POROS.ID - Fenomena tanah bergerak terjadi di wilayah bekas tambang emas PT. Antam Kecamatan Cikotok Kabupaten Lebak Minggu 29 hingga Senin pagi 30 November 2021. Akibat fenomena tanah bergerak ini, sejumlah bangunan rumah dilaporkan rusak dan badan jalan amblas.

Sejumlah bangunan rumah yang dilaporkan rusak terjadi di Kampung Cikoba RT 001 RW 002 Desa Cikotok, Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak. Dalam sebuah video yang beredar, suasana kepanikan warga pun terlihat saat fenomena tanah bergerak di wilayah bekas tambang emas PT. Antam itu terjadi.

Fenomena tanah bergerak di wilayah bekas tambang emas PT Antam Cikotok Kabupaten Lebak ini terjadi seiring dengan intensitas curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir ini.

Baca Juga: Sudah Diumumkan, Ini Nama nama Pendaftar Rekrutmen PLD 2021 yang Lolos Seleksi Administrasi

Meski tidak dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka atas kejadian ini. Namun sedikitnya ada lima kepala keluarga yang diungsikan ke tempat yan dianggap lebih aman.

Berdasarkan informasi dari Tim Tagana Wilayah Lebak Selatan, fenomena tanah bergerak atau pergeseran permukaan tanah di wilayah bekas tambang emas PT Antam ini terjadi sejak Sabtu 27 November 2021, tetapi warga tetap bertahan di rumah karena menganggao masih aman.

Pada Minggu 28 November 2021 malam, terjadi pergerakan tanah yang cukup kuat, bahkan ada permukaan tanah yang anjlok dengan kedalaman sekitar 30 centi meter. Hal itu membuat warga panik dan ketakutan.

Baca Juga: Ameer Azzikra Meminta Maaf dan Pamit Sebelum Meninggal: Semoga Bisa Ketemu Lagi

Fenomena tanah bergerak itu pun terus berlanjut. Terakhir pergerakan tanah yang cukup kuat terjadi pada hari ini, Selasa 30 November 2021 sekitar pukul 11.00 WIB.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X