• Kamis, 2 Desember 2021

Rekrutmen PLD 2021, Ini Alasan Eks KPMD Prioritas Diterima Jadi Pendamping Lokal Desa

- Senin, 22 November 2021 | 19:13 WIB
Ilustrasi MusDes. Ada alasan eks KPMD prioritas diterima jadi Pendamping Lokal Desa pada rekrutmen PLD 2021 (Dok. Poros.id)
Ilustrasi MusDes. Ada alasan eks KPMD prioritas diterima jadi Pendamping Lokal Desa pada rekrutmen PLD 2021 (Dok. Poros.id)

POROS.ID - Pada rekrutmen PLD 2021, eks KPMD menjadi prioritas untuk diterima jadi Pendamping Lokal Desa. Ini alasan Kemendes PDTT memprioritaskan eks KPMD atau Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Diketahui, pada rekrutmen PLD 2021, Kemendes PDTT membutuhkan para calon PLD yang sudah memiliki keahlian khusus atau kualifikasi di bidang-bidang tertentu, salah satunya berpengalaman di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat.

Jika pendaftar pada rekrutmen PLD 2021 ini merupakan eks KPMD, maka kemahirannya di bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat tidak diragukan lagi. Sehingga eks KPMD jadi prioritas atau diutamakan oleh Kemendes PDTT.

Baca Juga: Merinding Dengar Rintihan Sarah Minta Tolong, Istri Disiram Air Keras hingga Tewas oleh Sumi Sadis bin Biadab

Hal itu lantaran, tugas poko dan fungsi KPMD ini sangat erat hubungannya dengan tupoksi Pendamping Lokal Desa, salah satunya dalam hal mendorong keterlibatan masyarakat secara aktif dalam pembangunan desa, dari mulai perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

Selain itu, keberadaan KPMD dan Pendamping Lokal Desa juga dipayungi oleh regulasi yang sama, yaitu Undang undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Berikut beberapa tugas pokok dan fungsi KPMD yang erat hubungannya dengan tupoksi PLD, sehingga eks KPM jadi prioritas diterima pada rekrutmen PLD 2021:

Baca Juga: Suami Sadis bin Biadab, Siram Istri Pakai Air Keras hingga Tewas, Lalu Coba Kabur dari Cianjur ke Arab Saudi

- Mengumpulkan data-data yang diperlukan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan desa.

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X