• Kamis, 2 Desember 2021

Warga Kota Serang Semakin Geram, Empat Truk Sampah Kiriman Tangsel Ditumpahkan di Halaman Kantor Kelurahan

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 03:37 WIB
Warga Kota Serang Banten yang geram menumpahkan empat truk sampah kiriman dari Tangerang Selatan di halaman Kantor Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan (Tangkap layar Facebook Detikbanten.com)
Warga Kota Serang Banten yang geram menumpahkan empat truk sampah kiriman dari Tangerang Selatan di halaman Kantor Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan (Tangkap layar Facebook Detikbanten.com)

POROS.ID - Penolakan sampah kiriman dari Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ke TPAS Cilowong, Kecamatan Taktakan Kota Serang terus digencarkan oleh warga setempat. Kali ini empat truk sampah ditumpahkan oleh warga di halaman kantor Kelurahan Cilowong.

Hal ini dilakukan lantaran warga mengaku sudah tidak kuat dengan bau sampah yang berasal dari TPAS Cilowong Kota Serang itu, yang merupakan sampah kiriman dari Tangsel.
 
Selain itu, warga juga kesal lantaran Pemkot Serang hingga kini belum juga merealisasikan janji kompensasi dari hasil retribusi sampah kiriman dari Tangsel tersebut.
 
Belum lama ini warga juga sempat ribut dengan petugas Pol PP Kota Serang lantaran spanduk penolakan sampah kiriman dari Tangsel yang dipasang di TPAS Cilowong dicopot petugas, kali ini warga melakukan protes dengan cara lebih ekstrim.
 
Warga membajak beberapa truk sampah kiriman dari Tangsel dan menumpahkannya di halaman kantor Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan Kota Serang.
 
Sebuah video yang diunggah akun facebook Detikbanten.com Rabu 27 Oktober 2021, terlihat puluhan warga mencegat truk sampah dan menguasainya.
 
 
Kemudian salah seorang warga mengambil alih kemudi truk sampah kiriman dari Tangsel dan menumpahkannya di halaman kantor Kelurahan Cilowong.
 
"Ini dia detik-detik pembuangan sampah yang dituangkan di depan kantor kelurahan. Empat mobil yang dituangkan di depan kantor kelurahan," kata salah seorang warga yang suaranya terekam dalam video tersebut.
 
Sebelumnya, Kamis 14 Oktober 2021 lalu, puluhan warga yang berasal dari sekitar TPAS Cilowong menggeruduk Puspemkot Serang. Baca Selengkapnya: Dapat Baunya Doang dari TPSA Cilowong Warga Tagih Kompensasi ke Pemkot Serang
 
Untuk diketahui, pada 27 April 2021, Pemkot Serang dengan Pemkot Tangerang Selatan melakukan perjanjian kerjasama terkait pembuangan sampah.
 
Dalam perjanjian kerjasama yang berlaku selama tiga tajun itu disepakati oleh kedua belah pihak, TPAS Cilowong siap menampung sampah maksimal 400 ton sehari yang dikirim dari Tangsel.
 
Dari setiap ton sampah kiriman dari Tangsel, Pemkot Serang mendapatkan retribusi Rp 175 ribu per tonnya. Kiriman sampah dari Tangsel ke Serang dimulai sejak Juni 2021 lalu.***
 

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X