• Kamis, 2 Desember 2021

15 Cakades Petahana 'Tumbang' di Dua Kecamatan Baksel Ini, Wajah Baru Prioritaskan Kesejahteraan Rakyat

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:02 WIB
Yayan Hendayana, Cakades wajah baru terpilih akan memprioritaskan kesejahteraan masyarakat (Ist.)
Yayan Hendayana, Cakades wajah baru terpilih akan memprioritaskan kesejahteraan masyarakat (Ist.)
 
POROS.ID - Kontestasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Lebak, Banten telah selesai digelar pada Minggu, 24 Oktober 2021. Hasilnya di beberapa kecamatan wajah baru mendominasi keunggulan.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilkades Lebak di beberapa kecamatan di Lebak Selatan (Baksel), terpantau wajah baru mendominasi keunggulan.
 
Pada Pilkades Lebak tahun ini, diketahui di beberapa Kecamatan banyak calon Incumbent yang tumbang. Seperti di Kecamatan Malingping dan Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak. 
 
 
Di Kecamatan Malingping, pada Pilkades Lebak tahun ini, dari 14 desa ada sebanyak 12 desa yang melaksanakan Pilkades. Di 11 desa, petahana atau 'jaro kolot' mencalonkan kembali.
 
Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, di 9 desa dimenangkan oleh calon baru. Incumbent yang kembali melenggang hanya di tiga desa, yaitu Desa Pagelaran, Rahong dan Malingping Selatan.
 
Sementara di Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak, dari 10 desa, yang melaksanakan Pilkades sebanyak 9 desa. 
 
 
Diketahui, "Jaro Kolot" atau Incumbent di 9 desa tersebut kembali mencalonkan diri. Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, hanya ada dua calon incumbent yang kembali melenggang.
 
Artinya, di dua kecamatan tersebut dari 20 Cakades, tercatat ada sebanyak 15 Cakades petahana tumbang dan digantikan oleh wajah baru.
 
Wajah Baru Semangat Baru
 
Sejumlah Cakades wajah baru terpilih menyatakan komitmennya untuk menjadikan desanya ke depan lebih baik dan lebih maju lagi.
 
 
Salah-satunya Yayan Hendayana, Cakades terpilih Desa Cikamunding Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak Banten.
 
Pada pemungutan suara Pilkades Lebak 24 Oktober kemarin. Yayan yang akrab dipanggil Alev ini mampu mengungguli rivalnya yakni Ma'mun Soleh yang merupakan Cakades petahana. Yayan unggul di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
Atas didapatkannya amanah itu, Yayan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Cikamunding atas dukungan dan kepercayaannya telah memberikan amanat kepada dirinya.
 
 
Kemenangan dalam kontestasi demokraksi ini, kata dia, sejatinya bukan hanya kemenangan calon semata, namun merupakan kemenangan seluruh rakyat Cikamunding. 
 
Pasca dilantik, kata Alev, ia akan langsung menyusun rencana kerja, salah satunya melaksanakan program prioritas yakni persoalan yang berhubungan dengan sektor pertanian.
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengawal jalannya pemerintahan desa," ujarnya ditemui Poros.id di Cilograng, Selasa 26 Oktober 2021.
 
 
Alev juga berpesan agar masyarakat kedepan tidak sungkan untuk menyampaikan aspirasi, kritik dan saran kepada pemerintah desa.
 
"Karena, ikhtiar pembangunan desa akan lebih cepat terlaksana jika semua pihak bahu membahu secara gotong royong demi desa Cikamunding yang berkemajuan," ujarnya.
 
Hal serupa diungkapkan Cakades wajah baru terpilih Desa Malingping Utara, Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, Budi Angkat Purwondo.
 
 
Ia mengatakan, peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) menjadi prioritas baginya dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Untuk peningkatan PADes ini tentu diperlukan ide dan strategi berupa pengembangan segala potensi dan sumberdaya yang ada di desa, baik SDM maupun SDA," katanya.***
 

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X