• Kamis, 2 Desember 2021

Teks dan Makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

- Senin, 25 Oktober 2021 | 23:08 WIB
Mendalami teks dan Makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 (Net)
Mendalami teks dan Makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 (Net)
 
POROS.ID - Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD), kita sudah sama-sama mengenal peringatan Hari Sumpah Pemuda.
 
Ikrar sumpah pemuda  pertama kali diikrarkan dalam Kongres Pemuda Kedua, oleh kaum pelajar, mahasiswa, dan perwakilan pemuda daerah pada tanggal 28 Oktober 1928.
 
Jika saat ini usia kita sudah 30 tahun, artinya kita sudah menjumpai 30 kali peringatan hari sumpah pemuda sejak 28 Oktober 1928. Karena peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak pernah diliburkan.
 
Meski sudah sering memperingatinya, namun terkadang kita lupa terhadap makna yang tertuang dalam isi teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
 
 
Maka agar pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun 2021 ini dapat lebih khidmat lagi, ada baiknya kita memperdalam makna yang ada di dalam teks Sumpah Pemuda.
 
Karena seharusnya, Hari Sumpah Pemuda dapat dimaknai secara khidmat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bukan hanya oleh para pelajar dan mahasiswa, namun juga oleh seluruh elemen masyarakat.
 
Hal itu penting, lantaran Sumpah Pemuda yang berisi tiga poin, yaitu satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa, hingga kini masih mampu melandasi persatuan Indonesia.
 
 
Berikut isi teks Sumpah Pemuda yang pertama kali diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928
 
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
 
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yanng satu, bangsa Indonesia
 
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia
 
 
Berikut Makna Sumpah Pemuda
 
Satu Tanah Air
 
Satu satu tanah air atau satu nusa, maknanya adalah bahwa kita mengakui adanya satu tanah air, yaitu wilayah negara Indonesia. Tanah air adalah tempat kita lahir dan berlindung sampai akhir hayat, yang harus dibela. Jangan pula terpecah karena perpecahan suku bangsa.
 
 
Satu Bangsa
 
Satu bangsa berarti kesatuan bangsa, walaupun beragam suku bangsa yang ada di Indonesia, yang juga menghasilkan keragaman lainnya. Keragaman justru adalah alat pemersatu bangsa.
 
 
Satu Bahasa
 
Sebagaimana diketahui bersama, Indonesia memiliki begitu banyak ragam bahasa daerah. Namun memiliki bahasa nasional, yakni Bahasa Indonesia.***

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X