• Kamis, 2 Desember 2021

Menteri BUMN Erick Thohir Dinobatkan Sebagai Dulur Baduy

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 16:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi kebakaran Baduy, pada kesempatan itu ia dinobatkan sebagai dulur Baduy (Tim Poros 01)
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau lokasi kebakaran Baduy, pada kesempatan itu ia dinobatkan sebagai dulur Baduy (Tim Poros 01)
 
POROS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan kehormatan dari masyarakat adat Baduy, Kabupaten Lebak, Banten.
 
Kehormatan itu didapatkan Erick saat mengunjungi lokasi kebakaran di Kampung Pasirhuni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak, Rabu 20 Oktober 2021.
 
Diketahui,  Rabu 13 Oktober 2021 lalu sebanyak 16 rumah warga suku Baduy, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwi Damar, Kabupaten Lebak, ludes terbakar. 
 
Baca Juga:
 
Meski tidak dilaporkan adanya korban jiwa, namun sebanyak 16 rumah beserta isinya ludes. Di Kampung tersebut yang tersisa hanya enam unit rumah.
 
Api dengan cepat merembet dari satu rumah ke lainnya lantaran selain jaraknya berdekatan, juga seluruh bagian rumah suku Baduy terbuat dari bambu dan kayu.
 
Hal inipun mengundang perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Menteri BUMN Erick Thohir. Ia mengunjungi lokasi dengan menggunakan helikopter, Rabu 20 Oktober 2021.
 
 
Kehadiran Erick disambut antusias oleh para tokoh dan masyarakat setempat. Bahkan ia dinobatkan sebagai dulur Baduy.
 
Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwi Damar Jaro Saija mengaku bangga dengan kehadiran Erick Tohir ke Baduy.
 
Sebagai bentuk penghargaan, warga adat Baduy menobatkan Erick sebagai dulur Baduy
 
Jaro Saija menyematkan seperangkat pakaian adat Baduy kepada Erick, yaitu baju, lomar atau ikat kepala, golok dan koja (tas Baduy yang terbuat dari kulit kayu).
 
 
"Ini sebagai bentuk kebanggan dan sekaligus penghargaan kami kepada pak menteri yang telah Sudi berkunjung ke sini," kata Jaro Saija.***
 
 

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X