• Kamis, 2 Desember 2021

Viral Pengendara Motor Terseret Banjir di Jalan Raya, Lakukan Beberapa Trik Ini Jika Tidak Ingin Mengalaminya

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 08:00 WIB
Video seorang pengendara motor terseret banjir di jalan raya viral di Instagram  (Tangkap layar Instagram @infojawabarat)
Video seorang pengendara motor terseret banjir di jalan raya viral di Instagram (Tangkap layar Instagram @infojawabarat)

POROS.ID - Insiden yang menimpa seorang pengendara motor di Bandung Barat ini baiknya dijadikan pelajaran oleh para pengendara lainnya di musim penghujan ini.

 
Siapa yang ingin mengalami kecelakaan di jalan raya?. Tentunya tidak ada. Namun hal itu perlu dibarengi dengan kehati-hatian dan penuh perhitungan saat mengendara dalam kondisi apapun.
 
Sebuah video viral di media sosial Instagram, Selasa 19 Oktober 2021. Seorang pria yang mengendarai motor jenis metic jatuh dan terseret banjir di jalan raya. Ketinggian air sekitar selutut orang dewasa.
 
Diterangkan akun Instagram @infojawabarat yang memposting video tersebut, lokasi kejadian di jalan raya daerah Ciburial tepatnya sebelum tanjakan Cibogo, Lembang, Bandung Barat, Selasa sore.
 
 
Dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu terlihat seorang pengendara melaju di sebuah jalan tergenang banjir.
 
Dia sempat terhenti beberapa saat sambil menjaga keseimbangan badannya menahan derasnya air. 
 
Kemudian dia tampak berusaha melawan derasnya arus air dengan melaju ke arah sebelah kanan. 
 
Namun, sebelum sempat tancap gas, motor yang dikendarainya itu terjatuh bahkan mengenai pengendara lainya.
 
 
Dia pun terbawa arus banjir sekitar beberapa meter. Terlihat beberapa orang pengendara lain berusaha membantunya.
 
Kejadian ini turut dikonfirmasi salah satu warga net, akun oded.ded menjelaskan pada kolom komentar bahwa korban hanya mengalami luka ringan.
 
"Bapak yang terset tidak apa-apa, hanya mengalami lecet-lecet kecil dan motornya mati. Kebetulan motornya dibenerin di bengkel teman saya," terangnya.
 
Agar hal serupa tidak menimpa para pengendara lainnya, silakan simak beberapa trik berkendara saat jalan banjir berikut: 
 
1. Jangan bepergian menggunakan motor saat hujan deras, ini langkah yang paling aman.
 
 
2. Jika jalanan banjir dan terpaksa harus melewatinya, lajukan motor secara lurus, jangan belok-belok seperti pengendara di Bandung yang terseret itu.
 
Dengan melaju secara lurus, maka anda akan terhindar dari lubang-lubang di jalan yang tertutup air. Selain itu tidak menghalangi pengendara lain.
 
3. Amati Kondisi Jalan
 
Saat menerobos banjir, mengendarai motor harus pelan dan terukur, sesekali berhenti untuk mengamati kondisi jalan.
 
4. Mengendarai motor dengan kondisi berdiri 
 
Jika kondisinya memungkinkan, saat jalan raya dipenuhi banjir, kemudikan motor sambil berdiri.
 
Meski cukup sulit, namun hal ini sangat efektif untuk mengurangi beban kendaraan, sehingga posisi mesin motor dan knalpot akan naik terhindar dari ancaman air.
 
 
Trik ini lebih kepada untuk menyelamatkan motor anda, lantaran jika air sampai masuk ke ruang bakar, efeknya bisa fatal. Bukan cuma mati, tapi motor bisa mengalami water hammer.
 
5. Terus menarik gas
 
Jika trik ke empat tidak bisa dilakukan, maka harus sebisa mungkin gas jangan sampai tertutup. Jika posisi gas tertutup saat melewati banjir, dikhawatirkan membuat air masuk ke mesin atau ke ruang bakar lewat lubang knalpot.***

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X