• Kamis, 2 Desember 2021

Sentil Erick Thohir Soal BUMN Sakit Disuntik PMN, Said Didu Isyaratkan Jokowi Seperti 'Menepuk Air di Dulang'

- Minggu, 17 Oktober 2021 | 15:57 WIB
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir (Laman FB Erick Thohir)
Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir (Laman FB Erick Thohir)
 
POROS.ID - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan para Dirut BUMN.
 
Said Didu mengisyaratkan bahwa apa yang disampaikan Jokowi ibarat peribahasa 'menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri'.
 
Ia menilai, pernyataan tegas Jokowi pada Menteri Erick Thohir dan para Dirut BUMN sama halnya dengan memarahi dirinya sendiri.
 
 
Diketahui, Presiden Jokowi menginstruksikan kepada Menteri BUMN Erick Thohir untuk tidak lagi memberikan proteksi kepada perusahaan BUMN yang sakit.
 
"Waktu dulu BUMN Sakit tambahi PNM, sakit suntik PNM. Maaf terlalu enak sekali," ujar Presiden
 
Hal itu disampaikan Jokowi di Ballroom Hotel Meruorah Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis, 14 Oktober 2021.
 
 
Menurut Jokowi, hal itu membuat kinerja BUMN tidak profesional. Tidak mampu berkompetisi, tidak berani bersaing, tidak berani mengambil resiko.
 
"Jadi lupakan itu pa Mentri yang namanya poteksi-proteksi itu pa Menteri. Jika ada BUMN yang tidak sehat tutup saja," tegas Presiden
 
Melalui cuitan di akun Twitter pribadinya, Minggu 17 Oktober 2021, Said Didu menyinggung Jokowi dengan menyebutkan tiga hal.
 
 
Menurutnya, pemberian PMN atau penanaman modal negara pada BUMN tidak terlepas dari campur tangan atau kebijakan Jokowi sebagai presiden.
 
"Bapak Presiden yth, PMN akhir-akhir ini sebagan besar diberikan ke BUMN atas dasar :, 1) rugi krn penugasan dari Pemerintah yg disetujui Presiden,  2) usulan pemerintah dg persetujuan Presiden, dan 3) pengeluarannya lewat PP yg ditandatangani Presiden," kata @msaid_didu.
 

Editor: Rahmat Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X