• Jumat, 21 Januari 2022

Harus Jadi Perhatian Panitia Pilkades, Hal Ini Dapat Memicu Kericuhan

- Kamis, 23 September 2021 | 23:09 WIB
Ilustrasi Pilkades (olahan google)
Ilustrasi Pilkades (olahan google)

POROS.ID - Setelah beberapa kali mengalami penundaan jadwal, pemilihan kepala desa (Pilkades) di banyak wilayah tanah air akhirnya diputuskan akan digelar paling lambat bulan Oktober 2021 mendatang.

Para panitia pemilihan tentunya harus memiliki kesiapan yang matang dan harus lebih diperkuat lagi persiapannya. Pasalnya, untuk Pilkades tahun ini digelar tidak seperti biasanya, yakni dalam menggunakan hak pilihnya, para pemilih dibagi menjadi beberapa TPS.

Berkaca dari pengalaman Pilkades April 2021 lalu, ada hal yang harus menjadi perhatian serius bagi para panitia Pilkades. Pasalnya, jika hal ini diabaikan, maka berpotensi berakibat vatal seperti terjadinya kericuhan. Yakni terkait pendataan pemilih.

Baca Juga: Rakyat Dilema Hadapi Pilkades di Tengah Pandemi, Saran dari Aktivis Ini Wajib Dicermati Pemda Lebak

Meski saat ini hampir di seluruh daerah sudah dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), namun persoalan ini tidak lantas diabaikan begitu saja. Terlebih apabila masih diketahui masih ada warga yang memenuhi syarat pemilih namun tidak terdaftar.

Dilansir Poros.id dari kabarpriangan.pikiran.rakyat.com, Pilkades di salah satu desa di Kabupaten Tasikmalaya, yakni Desa Cigadog Kecamatan Leuwisari yang digelar pada Kamis, 8 April 2021 lalu berujung ricuh.

Kericuhan itu dipicu oleh banyaknya warga desa yang memiliki KTP dan KK tetapi tidak terdaftar dalam DPT dan tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

Salah seorang ketua RT di desa tersebut, Hendi mengungkapkan, kericuhan yang terjadi antar warga dan panitia itu disebabkan karena ada sekitar 100 warga yang tidak dapat menggunakan hak pilih, padahal mereka memiliki KK dan KTP beralamat Desa Cigadog.

Baca Juga: Bangun 30 Rumah Warga Miskin, Raja Angling Dharma Diapresiasi Bupati Pandeglang

Halaman:

Editor: Rahmat Hidayat

Sumber: Kabar Priangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X