• Kamis, 7 Juli 2022

Pemukiman Diselimuti Asap dan Debu, Warga Bayah Kembali Perotes PT. Cemindo Gemilang

- Jumat, 25 Oktober 2019 | 17:33 WIB

LEBAK - Pagi ini Jumat, (25/10) sekitar pukul 06.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB, pemukiman warga Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak kembali diselimuti asap dan debu yang diduga berasal dari aktifitas bongkar muat di dermaga milik PT Cemindo gemilang Bayah.

Sedikitnya ada enam kampung yang terkena yaitu Ciwaru, Komplek BTN, Bayah Tugu Desa Bayah Barat, Jogjogan Desa Darmasari, Cikumpay, Cimangpang Desa Panggarangan.

Kokom (48) seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kampung Cikumpay Desa Panggarangan Kecamatan Panggarangan mengungkapkan masyarakat merasa terganggu dengan adanya debu itu.

Kejadian ini, kata Kokom, bukan yang pertama kalinya terjadi, melainkan sudah sering bahkan hampir setiap hari. Kondisi seperti ini pun menurutinya sangat meresahkan warga Bayah karena berakibat buruk bagi kesehatan masyarakat, seperti menimbulkan penyakit ISPA.

Untuk itu pihaknya meminta kepada pihak manajemen PT Cemindo Gemilang untuk segera melakukan langkah-langkah penanganan agar aktifitas di dermaga tidak mencemari lingkungan.

"Hampir tiap pagi kami menghirup udara kotor yg di duga kuat di timbulkan dari kegiatan tersus PT. CG. Sehari dua hari mungkin tidak terlalu berakibat fatal. Namun kalau ini sampai tahunan mungkin bisa berakibat fatal bagi kesehatan kami," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Boto (38), warga Kampung Cimangpang yang merasa terganggu dengan banyaknya gumpalan debu yang berasal dari Tarsus milik PT. CG yang hampir setiap pagi hari terjadi. Menurut Boto, pagi hari aktifitas warga di luar rumah sangat padat. Baik yang pergi bekerja maupun anak-anak sekolah.

"Kalau pagi-pagi sudah disuguhi debu, maka kesehatan warga akan sangat terganggu. Terutama anak kecil yang berangkat ke sekolah. Anak-anak sekolah pagi-pagi bukannya disuguhi udara segar, eh malah dipaksa harus menghirup debu," papar Boto.

Sementara pihak PT Cemindo Gemilang membantah bahwa asap dan debu itu berasal dari perusahaan miliknya. "Itu pengaruh cuaca saja, bukan debu," ucap Tanmin, GM Plant PT Cemindo Gemilang Bayah. (Riswan/Red)

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Ketika Gempa Bumi

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:52 WIB

Dalil Dalil Keutamaan Melaksanakan Shalat Jum'at

Jumat, 7 Januari 2022 | 18:24 WIB
X